Laman

Situs - Situs Tempat Untuk Belajar Menjadi Hacker

Written By Alfian Dwi Antono on Minggu, 25 Desember 2011 | 06.20

Peretas (Inggris: Hacker) adalah orang yang mempelajari, menganalisa, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.
Terminologi peretas muncul pada awal tahun 1960-an di antara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka berkutat dengan sejumlah komputer mainframe. Kata bahasa Inggris "hacker" pertama kalinya muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik daripada yang telah dirancang bersama.

Kemudian pada perkembangan selanjutnya muncul kelompok lain yang menyebut-nyebut diri sebagai peretas, padahal bukan. Mereka ini (terutama para pria dewasa) yang mendapat kepuasan lewat membobol komputer dan mengakali telepon (phreaking). Peretas sejati menyebut orang-orang ini cracker dan tidak suka bergaul dengan mereka. Peretas sejati memandang cracker sebagai orang malas, tidak bertanggung jawab, dan tidak terlalu cerdas. Peretas sejati tidak setuju jika dikatakan bahwa dengan menerobos keamanan seseorang telah menjadi peretas.

Para peretas mengadakan pertemuan tahunan, yaitu setiap pertengahan bulan Juli di Las Vegas. Ajang pertemuan peretas terbesar di dunia tersebut dinamakan Def Con. Acara Def Con tersebut lebih kepada ajang pertukaran informasi dan teknologi yang berkaitan dengan aktivitas peretasan.

Peretas memiliki konotasi negatif karena kesalahpahaman masyarakat akan perbedaan istilah tentang hacker dan cracker. Banyak orang memahami bahwa peretaslah yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu seperti mengubah tampilan suatu situs web (defacing), menyisipkan kode-kode virus, dan lain-lain, padahal mereka adalah cracker. Cracker-lah menggunakan celah-celah keamanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak (bug) untuk menyusup dan merusak suatu sistem. Atas alasan ini biasanya para peretas dipahami dibagi menjadi dua golongan: White Hat Hackers, yakni hacker yang sebenarnya dan cracker yang sering disebut dengan istilah Black Hat Hackers.
=======================================>><<==========================================
Tetapi dari mana seorang hacker maupun cracker belajar ?? Ternyata mereka belajar dari komunitas, dari pengalaman, dari ratusan referensi yang penulisnya tidak dikenal pasti.
Mengapa mereka bisa ? jawabanya adalah mereka belajar dari berbagai sumber, dari level script kiddie sampai level most wanted. Mereka punya hobi, ambisi, pola pikir yang terkadang sulit dijelaskan secara nalar sadar. 
Berikut beberapa referensi situs terbaik untuk mulai mempelajari hacking. Namun yang perlu diingat bahasa inggris anda harus minimal pasif. Karena situs terbaik umumnya berbahasa non-lokal (Indonesia). Jadi mulai sekarang jika ingin menjadi hacker, mulailah banyak belajar kosakata bahasa inggris juga ya .. 

Phrack adalah situs tertua yang mengulas masalah keamanan dan hacking. Juga merupakan penerbit ezine (electronics magazine) hacker senior; For Hacker by Hacker. Jadi hampir dipastikan riwayat hidup hacker dan perkembanganya bermula dari sini. Menurut Gordon Fyodor (founder nMap), "Phrack adalah situs terbaik, terlama, penuh dengan artikel terbaik hacking dan cracking". Situs ini sangat dianjurkan untuk hacker dalam segala tingkatan. 



Hakin9 adalah situs yang berisi ragam artikel hacking tingkat tinggi. Situs ini menekankan teknik penyerangan dan pertahanan pada mode yang lumayan rumit. Jelas saja, karena hakin9 lebih menekankan pembacanya pada penanggung jawab keamanan system IT, administrator jaringan, programmer, dan spesialist keamanan jaringan. Isu keamanan terhangat adalah topik utama yang disuguhkan situs ini. 


Jika yang anda cari adalah isu tentang exploit dan celah injection terbaru, maka Milw0rm adalah jawabanya. Situs ini diciptakan untuk memberikan informasi secara realtime berbagai isu celah keamanan yang ditemukan pada sebuah sistem. Dampaknya ada dua kemungkinan, pertama anda sebagai penyerang dapat mengetahui celah mana yang dapat digunakan untuk melakukan serangan. Kedua jika anda sebagai pertahanan, dapat sesegera mungkin menutup celah tersebut. Milw0rm memang diciptakan sebagai studi kasus kelemahan system jaringan. 


Ingin mengetahui sejauh mana kemampuan anda? Hack This Site menawarkan tantangan kepada semua hacker untuk menyerang mereka. Jika anda menyerang sebuah situs tertentu dengan alasan kejahatan, sudah dipastikan anda akan diburu polisi cyber. Tidak demikian dengan Hack This Site. Anda diperbolehkan menyerang/menghack situs ini tanpa ada resiko pelanggaran kejahatan apapun. Hack This Site adalah tempat praktek hacker yang paling keren dan aman untuk mencoba ketangguhan anda. 


2600 adalah situs referensi hacking terlengkap yang saya ketahui. Dalam situs ini disajikan ragam teknik hacking dari tingkat awal sampai tingkat mahir. Berbagai istilah, glosary dan panduan mendetail tentang hacking dapat anda temukan.  




Bagaimana ? apakah masih ingin belajar menjadi seorang hacker ? Jika jawaban anda " ya ", maka kelima situs hacker diatas wajib anda bookmark sekarang ..

Selamat Mencoba ..

14 comments:

Anonim mengatakan...

maksih om infonya ...kalo dah di flow,follow balik om

Alfian Dwi Antono mengatakan...

@imamfrox :
Follow back berhasil gan ..

Abdillah Hasny mengatakan...

Ilmunya bermanfaat gan
kunjungan balik ya http://bost-code.blogspot.com

Unknown mengatakan...

artikel keren ni visit back cerita paling seru

Anonim mengatakan...

negara mana yg menjadi hacker no 1 didunia...?

Unknown mengatakan...

kapan2 kasih tau cara untuk jadi heker

Unknown mengatakan...

gan ada crack bitdefender 2013 ga ya ? makasih

Amrissalam Abdoe mengatakan...

keren postingannya bsa belajar hacking nih
kunjungi balik yah brow www.anak-semarang-poenya.blogspot.com

Unknown mengatakan...

Hallo kita ada juga nih artikel tentang 'Hacker', Silahkan kunjungi dan dibaca. Ini linknya;
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3079/1/97.pdf
Thank you.
Semoga bermanfaat.

ibrohim mengatakan...

Wah keren tutorialnya :-D.

Jangan lupa kunjunggi blog saya ya gan:

http://ibrohim2167.mywapblog.com dan
http://diode.heck.in

SALAM BLOGGER INDONESIA

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Sangat membantu , terima kasih

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

Kritik dan saran anda sangat berguna bagi blog ini ..
Silahkan tinggalkan komentar anda dibawah ya ..

Jangan lupa follow blog ini juga ya ..
Terima kasih

 
Back To Top Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...